Follow Us!

Science for Conservation newsletter

Selamat datang bulan Agustus! Kali ini kami dari Program Sains untuk Konservasi LPPM Universitas Papua kembali menyapa Sobat Lestari dengan kumpulan cerita-cerita dari lapang selama bulan Mei-Juli. Kami berharap semoga cerita dari kami dapat menjadi hiburan bagi Sobat Lestari untuk mengisi waktu luang Anda. Selamat membaca!

Pemberdayaan Masyaraka

Pada tanggal 8 Mei sampai tanggal 10 Mei 2023 telah diadakan pameran dengan tema “Harvesting Gerakan Nasional: Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia”. Bank Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat mengajak beberapa UMKM di Papua Barat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mempromosikan produk lokal untuk kemudian masuk ke pasar internasional.

Sementara itu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Papua, melalui Program Sains untuk Konservasi secara konsisten sejak tahun 2013 melakukan Pendidikan informal bagi anak-anak usia sekolah dasar yang berada di lima kampung di Distrik Abun dan Distrik Tobouw Kabupaten Tambrauw dalam bidang pendidikan dasar baca-tulis-hitung (Calistung). Adapun lima kampung tersebut adalah kampung Resye, Womom, dan Syukwo yang memiliki masing-masing satu Rumah Belajar.

Pemantauan Penyu dan Perlindungan Sarang

Sebelum turun ke lapangan, tim kami selalu diberi pelatihan atau pembekalan terlebih dahulu. Pada tanggal 12 sampai 17 April 2023 Program Sains untuk Konservasi (S4C) menyelenggarakan kegiatan pembekalan bagi tim lapangan pemberdayaan masyarakat dan narahubung serta tim lapangan pemantauan penyu dan perlindungan sarang. Setiap tahunnya, program di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Papua (LPPM UNIPA) ini melakukan perekrutan tim lapangan yang akan bekerja di empat pantai peneluran penyu di Kabupaten Tambrauw dan lima kampung di sekitar pantai tersebut. Pada tahun ini Tim lapangan pemantauan penyu dan perlindungan sarang terdiri dari 4 orang Koordinator Pantai Peneluran (KP2), 6 orang Tenaga Lapangan Pantai Peneluran (TLP2) dan 12 orang Tenaga Magang Pantai Peneluran (TMP2). Sedangkan, tim lapangan pemberdayaan masyarakat dan narahubung (PMNH) yang yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 10 orang.

Selain perekrutan dan pembekalan, pada bulan Juni 2023 tepatnya pada tanggal 14 sampai 15 Juni 2023, kami dari Program Sains untuk Konservasi LPPM UNIPA juga berkesempatan mempresentasikan hasil penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat dalam 2023 Indonesia Sea Turtle Symposium and the Greater Coral Triangle Region di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta. Penyelenggara kegiatan ini adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan, Yayasan TAKA, dan Yayasan WWF Indonesia.

Kunjungi Situs Web www.science4conservation.com

Sosial Media Kami

Facebook
Link
YouTube
Science for Conservation

Untuk melakukan upaya konservasi penyu belimbing yang holistik, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNIPA mendirikan Rumah Belajar di beberapa kampung Dsitrik Abun dan Distrik Tobouw. Anak-anak yang belajar di rumah belajar kami adalah anak usia PAUD dan SD. Untuk mendukung program pendidikan di rumah belajar ini, kami mengajak Anda untuk mendonasikan buku. Informasi lebih lanjut mengenai Donasi Buku dapat dilihat pada link https://science4conservation.com/donasi-buku-untuk-rumah-belajar-abun/

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNIPA melakukan Pendampingan Masyarakat di Dsitrik Abun dan Distrik Tobouw, Kabupaten Tambrauw untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan cara mendampingi proses pengolahan kelapa menjadi minyak kelapa dan memasarkan produknya di Manokwari. Dengan membeli minyak kelapa, Anda turut mendukung upaya pelestarian penyu belimbing di Papua Barat. Informasi lebih lanjut mengenai Pembelian Minyak Kelapa dapat dilihat pada melalui https://science4conservation.com/minyak-kelapa-abun/

Copyright © 2023 Science for Conservation, All rights reserved.

Sains untuk Konservasi LPPM UNIPA
Jln. Brawijaya no.250
Manokwari, 98312
Indonesia

Anda menerima nawala ini karena alamat surel Anda ada dalam daftar nawala kami. Apabila Anda ingin berhenti belangganan, cukup klik tombol berhenti berlangganan di bawah.

Perbarui data atau berhenti berlangganan email ini.

 

About the Author